Pengalaman Belanja Mini PC di Bukalapak

Kami mempunyai sebuah monitor komputer lama yang sudah jarang digunakan. Karena CPU komputernya rusak dan saat ini kami lebih sering menggunakan lapotop. Karena sayang dengan monitor yang masih bagus tersebut, saya dan adik pun berencana untuk membeli CPU nya saja.

Setelah survey ke beberapa toko komputer, ternyata harga CPU rakitan minimal tiga jutaan. Apalagi yang build up bisa lebih mahal lagi. Kami pikir, jika harganya sampai segitu, sama saja dengan harga laptop baru. Sedangkan tujuan awal kami hanya membelu CPU saja supaya lebih murah.

Saya teringat dengan CPU kecil yang ada di kantor tempat saya bekerja. Ukurannya sama dengan ukuran DVD ekternal. Sangat imut untuk ukuran CPU. Tapi di toko komputer yang kami datangi tidak ada yang menjual seperi itu.

Saya pun browsing di internet dan mendatangi toko-toko belanja online yang terkenal. Awalnya saya memasukkan kata kunci CPU mini. Namun hasil yang saya temukan tidak ada yang sesuai. Saya browsing langsung di Google, saya sampai pada sebuah mini PC di Bukalapak.

Selama ini saya belum pernah belanja di Bukalapak. Hanya sering melihat-lihat barang sebagai pembanding harga. Jika di Tokopedia saya sudah pernah mencoba sebelumnya.

Pengalaman Belanja Mini PC di Bukalapak

Dengan aplikasi Bukalapak saya review produk yang ada. Sebuah mini PC dengan kemampuan yang setara sebagaimana CPU layaknya. Harddisk nya juga sudah 500 GB. Walaupun mereknya tidak terkenal, tapi harganya sesuai cuma 1.750.000,- lebih murah daripada CPU rakitan.

Saat memasukkan kata kunci mini PC di Bukalapak, dari berbagai hasil yang muncul, tetap mini PC pertama yang menarik perhatian saya.

Saya mencoba membaca feedback lain dari para pembeli. Semua responnya positif.

Saya menggunakan aplikasi chat di Bukalapak untuk tanya langsung ke penjualnya. Responnya pun lumayan cepat dan jelas.

Ada beberapa jenis metode pengiriman yaitu: JNE, TIKI, dan pos kilat. Meskipun terkesan kuno, keluarga kami adalah pelanggan setia kantor pos. Selain itu pake pos biayanya lebih murah. Maka saya pun memilih metode pengiriman Pos Kilat.

Saat itu saya pesan dan melakukan pembayaran pada Jumat sore. Penjual mengatakan barang akan langsung dikirimkan keesokan harinya, walaupun Sabtu, kantor pos tetap buka.

Karena sedang ada promo Diskon Belanja JULI20 saya mencoba menggunakan kupon tersebut. Sayangnya jumlah kupon terbatas dan sudah habis jatahnya di sore itu. Maka saya pun tidak jadi menggunakan kupon belanja.

Proses pembayaran yang saya gunakan adalah lewat transfer bank. Seperti biasa jumlah yang ditransfer harus sama persis sampai angka terakhir. Dengan adanya mobile banking BNI, maka semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dari rumah.


Setelah melakukan transfer, tidak berapa lama saya mendapat notifikasi bahwa pembayaran telah diterima oleh Bukalapak.

Di Bukalapak, uang pembayaran akan masuk ke rekening Bukalapak. Jika barang sudah sampai ke tangan pembeli, baru uang akan diteruskan ke penjual. Dengan cara ini keamanan transaksi akan lebih terjamin.

Setiap hari kerja saya mendapat email pemberitahuan tentang status barang yang saya beli. Selasa pagi saya dapat email bahwa barang sudah sampai di Banjarmasin. Dalam pikiran saya setidaknya keesokan harinya mungkin barang akan diantar ke rumah.

Ternyata, pas saya pulang ke rumah hari itu, adik saya memberi tahu bahwa barang sudah sampai. Kejutan yang menyenangkan. Inilah yang saya suka dari kontor pos. Mereka sangat jarang menelpon untuk mencari rumah kami. Tahu-tahu barang sudah sampai di rumah dengan selamat.

Paket dibungkus dengan rapi dan langsung saya buka. Setelah dibuka langsung saya coba pada layar TV yang kami miliki. Kenapa layar TV, karena lebih besar, jadi lebih puas melihatnya. Selain dilengkapi dengan charger, mini PC yang saya terima juga dilengkapi dengan kebel HDMI, makanya langsung bisa dicoba.

Hasilnya pun sesuai dengan keinginan. Setelah memastikan semuanya, saya pun melakukan konfirmasi barang sudah diterima di Bukalapak. Tidak lupa menuliskan feedback positif untuk pelapak.

Apabila konfirmasi barang telah diterima telah dilakukan maka pembayaran pun akan diteruskan dari Bukalapak kepada penjual. Oleh karena itu, kegiatan yang kesannya sepele bagi pembeli, sebenarnya adalah penting bagi penjual. Oleh kerana itu saya segera melakukannya setelah memeriksa barang.

Begitu pula dengan memberikan feedback. Sesuatu yang kesannya remeh temeh bagi pembeli ini, sangat berarti bagi penjual. Selama feedback yang diberikan sesuai dengan kenyataan, tidak ada salahnya berbuat baik.

Dari proses order barang hingga barang sampai dirumah semuanya berlangsung 5 hari. Hari minggu juga dihitung. Barang dikirim dari Medan ke Banjarmasin lewat pos kilat.

Sejauh ini pengalaman saya belanja di Bukalapak cukup memuaskan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

2 Comments

  1. mmmm... rupanya Bukalapak mengutamakan kepuasan pelanggan, dengan begitu bukalapak akan selalu eksis di masa2 akan datang.

    saya baru tahu kalau harga PC di bukalapak jauh lebih murah dari harga Pc rakitan, sebab dahulu kami beli Pc rakitan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Selain itu sudah ada wifi nya juga. Tambah mudah buat akses internet.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar